Tips Untuk Membuat Bioplastik Kalian Sendiri

Bioplastik merupakan jenis plastik yang mulai banyak dipergunakan oleh orang – orang tidak hanya mereka yang menggunakannya di rumah akan tetapi juga mereka – mereka yang memiliki sebuah bisnis mulai mengganti plastik konvensional mereka ke Bioplastik. Tidak mengherankan sebenarnya karena plastik konvensional yang kita gunakan merupakan salah satu alasan semakin banyaknya penumpukan sampah yang terjadi. Kok bisa?

Karena sampah dengan bahan plastik ini sendiri memang memiliki waktu urai alami yang sangat lama sehingga jika tidak ditangani dengan benar dapat membuat sampah ini menumpuk dengan sangat cepat. Bayangkan saja untuk waktu urai alami sebuah sampah plastik kalian harus menunggu paling cepat 500 tahun sehingga tidak mengherankan memang jika banyak yang beralih ke Bioplastik yang lebih ramah lingkungan.

Untuk mendapatkan sebuah Bioplastik memang cukup susah karena jalur distribusi yang memang masih kurang akan tetapi jika kalian tidak buru – buru maka kalian dapat memesannya di toko online yang dapat kalian akses dengan cukup mudah. Akan tetapi buat kalian yang suka melakukan DIY mungkin kalian dapat membuat Bioplastik kalian sendiri dengan cara yang tidak terlalu sulit.

Buat kalian yang memang suka melakukan DIY akan kami berikan beberapa Tips yang bisa kalian gunakan untuk membuat Bioplastik kalian sendiri, bagaimana caranya? Ikuti dan simak terus ulasan kami di bawah ini.

Menggunakan Bahan Utama Maizena Dan Cuka

Sumber : Adobe Stock @wertinio

Pembuatannya tidak begitu sulit akan tetapi kalian perlu untuk mengumpulkan bahan dan alat – alatnya terlebih dahulu, yaitu :

  • Tepung Maizena
  • Cuka Putih
  • Air Suling
  • Gliserol
  • Kompor
  • Panci
  • Spatula Plastik
  • Kertas Roti Anti Lengket Atau Aluminium Foil
  • Pewarna makanan ( Opsional )

Bahan – bahan ini dapat kalian dapatkan dengan mudah mau itu di toko – toko ataupun di toko online yang dimana dapat kalian akses dengan sangat mudah. Setelah semua bahan – bahan terkumpul langkah berikutnya adalah dengan menakar bahan dengan takaran yang benar sehingga dapat menjadi Bioplastik yang kalian inginkan, adapun takarannya adalah sebagai berikut :

  • 1,5 Gram Tepung Maizena
  • 1 mililiter Cuka Putih
  • 10 Mililiter Air Suling
  • 1 hingga 2 tetes pewarna makanan jika kalian memutuskan untuk menggunakan bahan yang satu ini.

Setelah itu kalian masukan semua bahan kedalam panci dan aduk dengan spatula plastik yang sudah kalian siapkan, aduk terus hingga sebagian besar gumpalan yang ada pada campuran hilang dan melebur. Kalian berhasil melakukannya jika campuran yang kalian miliki pada akhirnya memiliki warna putih susu dan cukup cair, kalian perlu memastikan takaran yang kalian gunakan sudah tepat karena jika tidak hasil akan sulit untuk didapatkan.

Setelah campuran kalian dapatkan letakan pada panci dengan api yang sedang – kecil dan terus aduk hingga sampai mendidih, begitu suhu mulai naik maka teksturnya akan merubah dengan semakin mengental dan juga warna yang dari putih susu menjadi semakin bening. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika sudah masuk ke dalam tahap ini, yaitu :

  • Segera angkat jika bahan campuran sudah mengental dan berwarna bening
  • ¬†Waktu yang digunakan hanya sekitar 10 hingga 15 menit sehingga kalian perlu menyiapkan sebuah timer.
  • Pastikan agar bahan yang kalian oleh tidak terlalu panas karena dapat membentuk gumpalan.

Jika kalian ingin warna Bioplastik kalian berbeda kalian cukup menambahkan beberapa tetes pewarna makanan yang sudah kalian siapkan dari awal.

Setelah adonan selesai kalian dapat menuangkan campuran tersebut ke kertas roti anti lengket atau aluminium foil yang sudah kalian siapkan dari awal, ratakan campuran dan kemudian kalian tunggu hingga campuran tersebut dingin. Kalau kalian ingin membentuk Bioplastik kalian, kalian harus melakukannya ketika campuran tersebut dalam keadaan hangat dan siapkan sebuah tusuk gigi untuk memecahkan gelembung yang nantinya mungkin terbentuk.

 Setelah melewati semua proses tersebut maka langkah terakhir yang perlu kalian lakukan adalah menunggu, biasanya kalian memerlukan waktu hingga dua hari lamanya agar proses terbentuknya Bioplastik mengering dan juga mengeras yang dimana tentu saja tergantung dari ketebalan Bioplastik kalian. Perlu kalian ingat selama proses ini pastikan jika Bioplastik kalian itu disimpan ditempat yang kering dan sejuk sehingga dapat memberikan kalian hasil yang cepat dan optimal.

Itulah tips yang bisa kalian gunakan untuk membuat Bioplastik kalian sendiri.