Tips Apa Saja Yang Bisa Kalian Lakukan Untuk Mengurangi Sampah

Sampah memang sudah menjadi masalah yang cukup serius yang dimana memang tidak bisa kita hindari dengan tingkat konsumsi manusia yang semakin tinggi dengan semakin majunya zaman banyak produk – produk mulai dikenalkan pada hidup kita. Banyak yang bermanfaat akan tetapi banyak juga yang sebenarnya penggunaannya harus kita batasi atau minimal kita atur lah, salah satu contohnya adalah penggunaan benda – benda yang terbuat dari plastik.

Banyak cara yang bisa kita lakukan sebenarnya untuk mengurangi jumlah penumpukan sampah yang semakin hari semakin menjadi – jadi sehingga mulai menimbulkan kerusakan pada alam dan lingkungan sekitar kita yang tentu saja sangat tidak baik buat kita atau buat alam itu sendiri. Contoh paling gampang adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik atau mengganti plastik dengan jenis Bioplastik yang dimana lebih ramah terhadap lingkungan karena dapat terurai dengan lebih cepat.

Selain itu juga banyak hal yang bisa kita lakukan seperti mengubah gaya hidup dan untuk itu akan kami berikan beberapa cara yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan kalian yang dimana dapat membantu untuk mengurangi penumpukan sampah yang sedang terjadi. Apa sajakah itu? Ikuti dan simak terus ulasan kami di bawah ini.

1. Beli Yang Kalian Perlukan Saja

Sumber : Adobe Stock @Francesco Scatena

Salah satu faktor yang membuat tingkat penumpukan sampah semakin meningkat adalah banyak orang – orang yang membeli sesuatu yang sebenarnya tidak mereka butuhkan sehingga membuat mereka pada akhirnya membuang barang tersebut ke pembuangan sampah. Dengan membeli barang yang benar – benar kita perlukan membuat kita mengurangi pembuangan sampah sehingga kalian juga sudah ikut berpartisipasi untuk mengurangi jumlah penumpukan sampah yang terjadi hampir di seluruh dunia ini.

2. Hindari Membeli Atau Menggunakan Barang Sekali Pakai

Sumber : koinworks.com

Barang sekali pakai juga merupakan jenis sampah yang paling banyak kontribusinya terhadap penumpukan sampah ini karena ya namanya saja barang sekali pakai sehingga masa pakainya memang tidak bisa kalian gunakan berkali – kali karena akan berbahaya untuk kesehatan kalian. Contohnya saja peralatan makan yang terbuat dari bahan plastik yang biasa digunakan untuk acara ulang tahun atau yang kalian dapatkan ketika memesan makanan.

Seperti yang kita tahu kalau sampah dengan bahan plastik memerlukan waktu urai secara alami yang sangat – sangat lama yaitu antara 500 tahun hingga 1.000 tahun sehingga jika kalian menggunakan benda – benda sekali pakai dengan bahan plastik bisa kalian bayangkan berapa banyak sampah yang kalian hasilkan. Kalaupun memang kalian harus terpaksa banget untuk menggunakan peralatan sekali pakai gunakan bahan – bahan yang lebih mudah untuk terurai secara alami sehingga kalaupun ada penumpukan tidak akan terjadi dalam waktu yang lama, seperti bahan kertas contohnya.

3. Lakukan Daur Ulang

Sumber : Adobe Stock @Farknot Architect

Daur ulang itu adalah suatu hal yang banyak diremehkan oleh banyak orang padahal dengan melakukan daur ulang kalian dapat mengurangi penumpukan sampah dengan jumlah yang signifikan, benda berbahan plastik contohnya. Seperti yang disebutkan sampah jenis ini memiliki waktu urai alami yang sangat lama sehingga dapat menyebabkan penumpukan sampah dengan jumlah yang luar biasa akan tetapi sampah jenis ini dapat kalian daur ulang agar dapat kalian gunakan kembali dengan fungsi yang berbeda.

Contoh paling gampang adalah ketika kita mau bercocok tanam kita memerlukan sebuah pot bukan? Banyak pot di luar sana yang dibuat menggunakan bahan plastik atau minimal campuran plastik akan tetapi kalian tidak harus membeli sebuah pot baru untuk melakukan cocok tanam. Kalian bisa mengubah botol atau galon kalian yang sudah tidak terpakai untuk menjadi pot yang dimana fungsinya tidak jauh berbeda dengan pot yang akan kalian beli nantinya.

Proses daur ulang memang sangat penting sehingga tidak ada salahnya kalian untuk mempelajarinya.

4. Buatlah Menjadi Pupuk Kompos

Sumber : Adobe Stock @tortoon

Daur ulang adalah proses yang kalian lakukan dengan bahan – bahan non – organik seperti plastik dan semacamnya akan tetapi bagaimana dengan sampah yang organik jawabanya adalah dengan menjadikannya sebagai Pupuk Kompos. Pupuk Kompos ini sendiri sangat berguna bagi kalian yang memiliki tanaman atau hobi untuk tanaman karena akan memberikan protein kepada tanaman dan bisa kalian beli di toko pupuk yang dapat dengan mudah kalian temukan.

Akan tetapi jika kalian ingin mengurangi ada baiknya sampah – sampah organik di rumah kalian, kalian rubah menjadi pupuk kompos buatan sendiri dan untuk mempermudah kerja kalian ada baiknya kalian mulai memisahkan sampah organik dan non – organik. Dengan memisahkan jenis sampah tersebut kalian dapat lebih mudah menyortir sampah dan memutuskan untuk diapakan sampah ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan guna mengurangi penumpukan sampah yang semakin marak terjadi sehingga terancam untuk merusak alam kita ini akan tetapi jika kalian merasa melakukan semua hal itu sungguh repot. Cara yang paling gampang kalian lakukan adalah dengan mengganti plastik konvensional dengan Bioplastik yang lebih ramah lingkungan.

Pertanyaannya kenapa diganti tidak dihentikan? Karena tidak bisa kita pungkiri penggunaan plastik masih menjadi hal yang sangat kita butuhkan terlihat dari penggunaanya yang kita lakukan hampir pada setiap lini kegiatan kita.