Tips Agar Kalian Menghemat Pemakaian Air

Air merupakan salah satu komponen paling penting yang ada di dalam hidup mulai dari mandi, mencuci pakaian hingga makan semua memerlukan sumber daya yang satu ini, akan tetapi sayangnya banyak sekali orang – orang diluar sana yang menggunakannya dengan boros. Mungkin banyak yang mengira bahwa air adalah sumber daya yang tidak akan habis walaupun digunakan dengan cara apapun akan tetapi pada faktanya kurang dari 1 persen air di Bumi adalah mata air segar terkecuali air hujan.

Memang dengan datangnya hujan perut Bumi akan kembali mendapatkan pasokan air yang kemudian bisa diproses untuk menjadi sumur dan lain sebagainya akan tetapi kalian jangan lupa kalau yang memerlukan air tidak hanya kita manusia akan tetapi makhluk hidup lainnya juga termasuk tumbuhan. Sumber mata air sendiri suka atau tidak suatu saat akan habis atau hilang karena fenomena alam yang tidak kita ketahui oleh sebab itu penggunaan air dengan jumlah yang bijak sangat diperlukan sehingga dapat tetap menjaga ekosistem kita lestari.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan sebenarnya jika kalian menggunakan air dengan bijak dan tidak boros selain tetap menjaga lingkungan ekosistem kita tetap lestari kita juga dapat menghemat begitu banyak energi dan tentu saja biaya. Nah, untuk kalian yang mungkin tidak terbiasa dengan menghemat air pada ulasan kali ini akan kami berikan tips bagaimana cara kalian untuk menghemat air dengan efektif dan benar.

1. Perbaiki Pipa Atau Keran Yang Bocor Walaupun Hanya Tetesan

Sumber : Adobe Stock @New Africa

Pasti di rumah kalian sering sekali ada pipa air atau keran air yang bocor hanya saja jumlah air yang bocor itu hanya berupa tetesan saja bukan? Sebaiknya kalian tidak meremehkan jumlah air yang bocor tersebut karena banyak dari kita yang merasa bocoran yang berupa tetesan tidak akan berarti apa – apa. Akan tetapi anggapan seperti itu jelas salah karena walaupun bocorannya berupa tetesan akumulasi dari tetesan tersebut tidak bisa kalian anggap enteng, jelas tidak bermasalah ketika tetesannya hanya dalam waktu sebentar tapi bisa kalian bayangkan kalau kalian biarkan berlama – lama?

Dari sehari menjadi seminggu kemudian menjadi sebulan hingga akhirnya menjadi setahun, sudah berapa banyak akumulasi air yang sudah kalian sia – siakan yang bahkan tanpa kalian gunakan sama sekali dan jangan lupa air yang bocor tersebut juga akan terakumulasi ke biaya yang kalian bayarkan nantinya. Jadi masih merasa kalau tetesan tidak berpengaruh?

2. Pergilah Ke Car Wash

Sumber : Adobe Stock @Nejron Photo

Salah satu kegiatan yang menghabiskan begitu banyak air adalah mencuci kendaraan kita sendiri khususnya mobil bukan karena ukurannya besar saja akan tetapi mencuci mobil hingga benar – benar bersih memang cukup rumit. Untuk mengurangi penggunaan air yang tidak perlu ada baiknya jika kalian pergi ke sebuah Car Wash untuk mencuci mobil kalian karena biasanya sebuah Car Wash sudah memiliki standar berapa banyak air yang akan digunakan untuk mencuci sebuah mobil. Ditambah lagi mereka bisa mencuci mobil kalian dengan lebih efektif karena bantuan alat khusus dan lain sebagainnya apalagi mobil kalian di cuci oleh tenaga professional sehingga mobil kalian juga akan benar – benar bersih.

3. Siram Tanaman Pada Pagi Hari

Sumber : Adobe Stock @artursfoto

Bagi kalian yang memiliki tanaman – tanaman kecil yang kalian tanam di pot atau bahkan memiliki sebuah taman atau kebun kecil ada baiknya kalian menyiram tanaman kesayangan kalian di pagi hari bukan di siang atau sore hari. Hal itu dikarenakan pada pagi hari tanaman memerlukan jumlah air yang lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang lainnya mau itu siang atau sore hari.

Selain kalian bisa menghemat air kalian juga dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman milik kalian.

4. Jangan Biarkan Keran Terbuka Ketika Mencuci Piring

Sumber : Adobe Stock @thithawat

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah dengan tetap membiarkan keran air terbuka saat sedang mencuci piring yang sebenarnya merupakan sebuah pemborosan, saat mencuci piring ada baiknya kalian untuk menampung air tersebut alih – alih kalian biarkan tetap terbuka. Dengan menampung air kalian secara tidak langsung sudah membatasi penggunaan air yang membuat kalian dapat menghemat penggunaan air.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghemat penggunaan air yang dimana akan sangat membantu dalam menjaga kelestarian sebuah ekosistem yang pada akhirnya juga akan bermanfaat bagi manusia.